Wajah Aceh Kini Part.2




Setelah perjalanan gue di Sabang berakhir, ini saatnya gue kembali ke kota Banda Aceh.  Dari pelabuhan Sabang kapal yang gue tumpangi sampai di pelabuhan Ulee Lheue. Di pelabuhan sudah ada bang Umar yang menunggu gue dan Arif. Karena kami sampai di Banda Aceh udah sorean, kami memutuskan mencari hostel untuk istirahat dulu.


Malamnya kami ga kemana mana selain cuma cari makan malam dan sholat di Masjid Baiturrahman yang bikin gue merinding beberapa saat mengingat kejadian tsunami dan bagaimana Masjid ini salah satu tempat yang masih kokoh saat kejadian itu


Aciiilee lu bisa solat juga?


Hmm


Keesokan harinya gue dan Arif dibawa bang Umar berkeliling Banda Aceh. Tempat pertama yang kami tuju yaitu Museum Tsunami, museum yang banyak menyimpan saksi bisu akan dhasyatnya bencana tsunami Aceh. Setelah dari museum tsunami kami langsung bergerak menuju pemakaman massal, pemakaman ini tidak terlalu jauh dari museum tsunami, pemakaman yang berada di sebuah bekas rumah sakit jiwa


Sempatkan buat doa ya kalau kalian kesini





Dari pemakaman massal  kami bergerak menuju monumen PLTD Apung yang berada di  Jaya Baru . Di monumen ini terdapat bekas kapal PLTD yang terbawa arus cukup jauh dari tengah laut sampai menerjang rumah warga. Banyangin gimana dahsyatnya gelombang tsunami itu. Kabarnya dibawah kapal ini masih ada beberapa mayat yang tidak bisa diangkat dari himpitan bangkai kapal PLTD Apung ini





Setelah dari monumen PLTD Apung, kami hanya sekedar berkeliling sebentar melihat Aceh. Dari hasil cerita bang Umar, Aceh sekarang sangat jauh berkembang. Dan roda perekonomian Aceh sekarang sudah sangat cukup maju. Seolah mereka bisa melupakan kejadian kelam yang pernah mereka alami dulu


Semoga saja Aceh akan terus bangkit dan menjadi kota yang indah dan sejahtera.


Setelah puas berkeliling sejenak, kami pun memutuskan untuk langsung menuju terminal Batoh karena malamnya kami bakal kembali ke kota Medan.



Terima kasih Aceh untuk waktunya, dan gue pribadi selalu merindukan tempat ini



Jembatan Pante Pirak saat senja

Share this:

ABOUT THE AUTHOR

Hello We are OddThemes, Our name came from the fact that we are UNIQUE. We specialize in designing premium looking fully customizable highly responsive blogger templates. We at OddThemes do carry a philosophy that: Nothing Is Impossible

4 comments:

  1. Semoga aceh damai selalu, ngak ada lagi risuh riuh macam tsunami itu
    Moga juga bangsa ini ayem tentrem

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin mas cuma, semoga aja Indonesia bisa adem manjaahh

      Delete
  2. Dari dulu pengen banget ke museum aceh tsunami tapi belum kesampean :(
    karena menurut saya ini adalah museum terbagus seindonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Museumnya emang layak banget buat dikunjingi mas budy, eitss baca ya artikel terbaru tentang museum tsunami Aceh hehe

      Delete